Analisis Perilaku Konsumen dalam Melakukan Pembelian online di Desa Sandingrowo Kecamatan Soko Kabupaten Tuban

Arifin, R. C. T. and Effasa, Ahmad Saifurriza and Kuntardina, Ari (2024) Analisis Perilaku Konsumen dalam Melakukan Pembelian online di Desa Sandingrowo Kecamatan Soko Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI CENDEKIA BOJONEGORO.

[thumbnail of BAB 1-3.pdf] Text
BAB 1-3.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 4-5.pdf] Text
BAB 4-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)

Abstract

Kemajuan teknologi yang terjadi saat ini membuat perkembangan dunia usaha mengalami kemajuan yang sangat pesat. Perdagangan elektronik atau e-commerce menjadi semakin penting di era digital saat ini. Masyarakat desa sandingrowo mulai berubah dari yang melakukan pembelian secara langsung menjadi secara online melalui e-commerce. Perubahan perilaku konsumen bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis terhadap keputusan pembelian. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari faktor budaya (X1), faktor sosial (X2), faktor pribadi (X3) dan faktor psikologis (X4) dan keputusan pembelian (Y). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dan purposive sampling. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada 50 masyarakat Desa Sandingrowo yang telah melakukan pembelian online di e-commerce. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda. Dari hasil analisis didapatkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara faktor budaya, faktor pribadi dan faktor psikologis terhadap keputusan pembelian. Sedangkan faktor sosial berpengaruh negatif namun signifikan terhadap keputusan pembelian. Bagi perusahaan e-commerce atau pelaku pemasar perusahaan e-commerce diharapkan untuk meningkatkan pemasaran produk melalui strategi yang berhubungan dengan faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Risma Cahyani Tantia Arifin (20010040)
Uncontrolled Keywords: Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Faktor Psikologis, Keputusan pembelian.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > S1 Manajemen
Depositing User: Siti Rohmawatin
Date Deposited: 15 Jul 2025 06:39
Last Modified: 15 Jul 2025 06:39
URI: https://repository.stiekia.ac.id/id/eprint/20

Actions (login required)

View Item
View Item