PENERAPAN 3S (SENYUM, SALAM, SAPA) UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN PADA SPBU PERTAMINA SYIRKAH AMANAH MANDIRI BOJONEGORO

Mu‟minin, Ardiansyah Amirul and Effasa, Ahmad Saifurriza and Anom, Latifah (2023) PENERAPAN 3S (SENYUM, SALAM, SAPA) UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN PADA SPBU PERTAMINA SYIRKAH AMANAH MANDIRI BOJONEGORO. Undergraduate thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI CENDEKIA BOJONEGORO.

[thumbnail of BAB 1-3 Ardiansyah Amirul M.pdf] Text
BAB 1-3 Ardiansyah Amirul M.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 4-5 Ardiansyah Amirul Mu'minin.pdf] Text
BAB 4-5 Ardiansyah Amirul Mu'minin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)

Abstract

Dengan meningkatnya jumlah kendaraan bermotor yang sangat pesat dari tahun ke tahun membuat kebutuhan akan BBM (Bahan Bakar Minyak) juga terus mengalami peningkatan. PT. Pertamina menjadi perusahaan penyedia prasarana SPBU terbesar di Indonesia. Dalam menghadapi persaingan PT. Pertamina membuat lisensi SPBU Pasti Pas. SPBU yang telah tersertifikasi Pasti Pas dapat memberikan layanan terbaik memenuhi standar Pertamina, salah satu layanan yang harus diterapkan kepada konsumen adalah 3S (Senyum, Salam, Sapa) guna meningkatkan kepuasan konsumen .Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Bagaimana Penerapan 3S (Senyum, Salam, Sapa) untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumen pada SPBU Pertamina Syirkah Amanah Mandiri Bojonegoro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Artinya data yang dikumpulkan tidak diperoleh melalui prosedur statistik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengumpulan data yang dilakukan pada natural setting (kondisi yang alamiah), sumber data primer, dan teknik pengumpulan data lebih banyak pada observasi berperan serta (participant observation), wawancara mendalam (in depth interview), dan dokumendasi, sedangkan Teknik analisis datanya adalah Data Collection (Pengumpulan Data), Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data) dan Conclusion Drawing/Verification. kesimpulan dari penelitian ini adalah konsumen merasa puas dengan pelayanan SPBU Pertamina Syirkah Amanah Mandiri Bojonegoro karena telah menerapkan 3S (Senyum, Salam, Sapa). Diamana operator yang bertugas sudah memberikan senyum, memberikan pertanyaan apakah konsumen akan mengisi BBM jenis pertalite atau lainnya dan menunjukan kepada konsumen bahwa pengisian dimulai dari angka 0. Saran dalam penelitian ini adalah SPBU Pertamina Syirkah Amanah Mandiri perlu memberikan pengarahan dan pelatihan sesuai standar pertamina kepada seluruh karyawan agar selalu memberikan pelayanan terbaik bagi setiap konsumen yang datang karena masih ada beberapa karyawan khsusunya operator yang belum memberikan pelayanan 3S (Senyum, Salam, Sapa) kepada konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: ARDIANSYAH AMIRUL MU’MININ (19010027)
Uncontrolled Keywords: 3S (Senyum, Salam, Sapa), Kepuasan Konsumen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > S1 Manajemen
Depositing User: Siti Rohmawatin
Date Deposited: 11 Sep 2025 09:52
Last Modified: 11 Sep 2025 09:52
URI: https://repository.stiekia.ac.id/id/eprint/38

Actions (login required)

View Item
View Item