Putri, Isna Eka and Suprapto, Suprapto and Adiputra, Eka (2024) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Prosedur Kredit terhadap Keputusan Pengambilan Kredit pada BMT Amanah Bersama di Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI CENDEKIA BOJONEGORO.
![BAB 1-3.pdf [thumbnail of BAB 1-3.pdf]](https://repository.stiekia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1-3.pdf
Download (5MB)
![BAB 4-5.pdf [thumbnail of BAB 4-5.pdf]](https://repository.stiekia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 4-5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Lembaga keuangan sangat diperlukandalam perekonomian karena fungsinya sebagai mediator antara kelompok masyarakat yang kelebihan danan dan yang memperlukan dana. Sebagai perusahaan jasa, lembaga keuangan harus berorientasi pada kualitas pelayanan yang diberikan dan prosedur kredit yang tidak rumit sehingga mampu memuaskan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan dan prosedur kredit memiliki pengaruh dalam proses keputusan untuk mengambil kredit pada BMT Amanah Bersama di Keamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari kualitas pelayanan (X1), prosedur kredit (X2) dan keputusan pengambilan kredit (Y). Penelitian ini menggunaan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunkan purposive sampling. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada 58 nasabah yang melakukan kredit di BMT Amanah Bersama. Dalam membuktikan dan menganalisis hal tersebut, maka menggunakan uji instrumen : uji validitas dan uji reabilitas, uji asumsi klasik : uji normalitas data, uju multikolonieritas dan uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis : uji t dan uji koefisien determinasi (R2). Maka hasil dari penelitian ini adalah 1) kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pengambilan kredit. Jadi semakin bagus kualitas pelayanan maka akan semakin tinggi pengaruhnya terhadap keputusan pengambilan kredit pada BMT Amanah Bersama. 2) prosedur kredit tidak berpengaruh terhadap keputusan pengambilan kredit. Jadi adanya kredit yang berbelit-belit hal tersebut tidak mempengaruhi nasabah untuk mengambil kredit pada BMT Amanah Bersama. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa BMT Amanah Bersama dapat mempertahankan kualitas pelayanan dan memperbaiki proedur kredit agar nasabah merasa puas dan melakukan keputusan pengambilan kredit lagi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Isna Eka Putri (20010034) |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas pelayanan, Prosedur kredit dan Keputusan pengambilan kredit |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Studi > S1 Manajemen |
Depositing User: | Siti Rohmawatin |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 03:57 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 03:57 |
URI: | https://repository.stiekia.ac.id/id/eprint/29 |