Afkar, Waghfirotul and Effasa, Ahmad Saifurriza and Adiputra, Eka (2024) Pengaruh Hedonic Shopping Motivation dan Ketersediaan Dana (Kemampuan Top Up) terhadap Reminder Impulse Buying di Game Online The Ants Underground Kingdom. Undergraduate thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI CENDEKIA BOJONEGORO.
![BAB 1-3.pdf [thumbnail of BAB 1-3.pdf]](https://repository.stiekia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1-3.pdf
Download (1MB)
![BAB 4-5.pdf [thumbnail of BAB 4-5.pdf]](https://repository.stiekia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 4-5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (483kB)
Abstract
Pembelian tidak terencana yang dipicu oleh pengingat bisa saja terjadi pada para pemain game. Hal ini dipengaruhi beberapa faktor seperti hedonic shopping motivaton dan ketersediaan dana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara hedonic shopping motivation, dan ketersediaan dana (kemampuan top up) terhadap reminder impulse buying di game online The Ants Underground Kingdom dengan objek penelitian pada
komunitas IDE (Indonesia Eksplore). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik sampling jenuh yaitu menjadikan seluruh anggota dari
komunitas sebagai sampel. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada 70 anggota dari komunitas IDE. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hedonic shopping motivation berpengaruh secara signifikan terhadap
reminder impulse buying. sedangkan ketersediaan dana (kemampuan top up) memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap reminder impulse buying. Kesimpulannya pemain yang memiliki kecenderungan belanja hedonis akan
cenderung melakukan impulse buying yang dipicu oleh adanya pengingat (reminder). Tersedia atau tidaknya dana tetap dapat memicu adanya reminder impulse buying. Hal ini dapat disebabkan oleh tingkat kecanduan pemain terhadap game.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Waghfirotul Afkar (20010058) |
Uncontrolled Keywords: | hedonic shopping motivation, ketersediaan dana, reminder impulse buying |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Studi > S1 Manajemen |
Depositing User: | Siti Rohmawatin |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 07:24 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 07:24 |
URI: | https://repository.stiekia.ac.id/id/eprint/25 |