Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Melalui Shopee Live pada Mahasiswa Manajemen STIE Cendekia Bojonegoro

Muntamah, Sri and Suprapto, Suprapto and Anom, Latifah (2024) Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Melalui Shopee Live pada Mahasiswa Manajemen STIE Cendekia Bojonegoro. Undergraduate thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI CENDEKIA BOJONEGORO.

[thumbnail of BAB 1-3.pdf] Text
BAB 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 4-5.pdf] Text
BAB 4-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)

Abstract

Indonesia telah memasuki era digital Revolusi Industri 5.0. Salah satu ciri era digital ini adalah orang-orang melakukan segala hal melalui Internet. Masyarakat semakin mengandalkan Internet untuk melakukan berbagai aktivitas,
seperti berbelanja online, mencari informasi, dan berinteraksi dengan orang lain. Hal ini tercermin dari tingginya jumlah pengguna internet yang tercatat dalam survei “We Are Social” tahun 2020, yang menunjukkan pesatnya adopsi teknologi
digital di Indonesia.Oleh karena itu, hal ini perlu ditindaklanjuti dengan mengkajinya secara ilmiah melalui penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian di shopee live, Variabel dalam penelitian ini terdiri dari kualitas produk (X1), harga (X2) dan keputusan pembelian (Y).Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori survei kuantitatif dengan jumlah populasi sebesar 110 Mahasiswa. Data primer dikumpulkan melalui kuisioner yang diberikan kepada 53 mahasiswa STIE
CENDEKIA Bojonegoro yang menggunakan shopee live. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dan asumsi klasik. Dari hasil
analisis disimpulkan bahwa variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada shopee live studi pada mahasiswa
STIE Cendekia Bojonegoro. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil statistik dalam penelitian ini yaitu dari nilai ttabel sebesar 2,00586. Dengan hasil thitung sebesar 4,958 > 2,00586 dan memiliki nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualiatas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui shopee live. Sedangkan pada variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada shopee live studi pada mahasiswa STIE Cendekia Bojonegoro . Hal tersebut dapat dilihat dari hasil
statistik dalam penelitian ini yaitu dari nilai ttabel sebesar 2,00586. Dengan hasil thitung sebesar 2,172 > 2,00586 dan memiliki nilai signifikan sebesar 0,035 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa harga berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan pembelian shopee live. Dari penelitian tersebut dapat disarankan pihak shopee live untuk terus beradaptasi dengan Kualitas dan Harga Jangan hanya fokus pada harga. Pertimbangkan juga kualitas produk dan nilai
jangka panjang yang anda dapatkan, serta mengimplementasikan solusi inovatif untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan daya saing di pasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sri Muntamah (20010052)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > S1 Manajemen
Depositing User: Siti Rohmawatin
Date Deposited: 15 Jul 2025 07:04
Last Modified: 15 Jul 2025 07:04
URI: https://repository.stiekia.ac.id/id/eprint/23

Actions (login required)

View Item
View Item